Syarat Pengajuan Beasiswa

1.     Mahasiswa bersangkutan sedang mengikuti perkuliahan secara aktif pada Tahun Pelajaran 2021/2022, dan             telah melewati semester Genap ( semester II atau semester IV atau semester VI)

2.     Foto Copy Sertifikat dan Surat Keputusan Akreditasi Peringkat A  Perguruan Tinggi dari BAN-PT bagi                        mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi swasta.

3.     Mahasiswa bersangkutan pada tahun Pelajaran 2021/2022 maksimal sedang duduk di semester VII (Tujuh).

4.     Memiliki Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,30 (tiga koma tiga nol) kecuali Fakultas Kedokteran                  (Jurusan Pendidikan  Dokter dan Kedokteran Gigi) dan Fakultas Teknik (Jurusan Teknik Sipil, Teknik            Lingkungan, Rancangan Kota, Pengairan, Arsitektur, Teknologi Alat Berat, Transportasi, Teknik Mesin,           Teknik Produksi, Teknik Kimia, Teknik Industri Farmasi, Teknik Industri Penerbangan/Aeronotika dan                Astronotika, Teknik Pertakstilan (Tekstil), Teknik Refrigerasi, Bioteknologi dan Industri, Teknik Nuklir,             Teknik Fisika, Teknik Enerji, Pengindraan Jarak Jauh, Teknik Material, Teknik Elektro, Teknik Tenaga                Elektrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektronika, Teknik Kendali, Teknuk Biomedika, Teknik                        Komputer, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Perangkat          Lunak, Teknik Mikatronika, Teknik Panas Bumi, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik                        Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi, Teknik Geomatika, Teknik Perkapalan, Teknik                            Permesinan Kapal, Teknik Sistem Perkapalan, Oceanograpi (Oceanilogi ), Teknik Kelautan dan Ilmu                Kelautan) IPK  minimal 3,00 (tiga koma nol-nol) disertai dengan menunjukkan hasil belajar pada semester                sebelumnya dari (semester I s.d. semester yang telah ditempuh).

5.     Mahasiswa yang diterima pada Perguruan Tinggi Ikatan Dinas tidak diperkenankan mengajukan permohonan            bantuan beasiswa pendidikan di Pemerintah Kabupaten Jembrana.

6.     Mengikuti program studi regular yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dekan/Pejabat Berwenang                dengan Tanda Tangan dan Stempel Basah atau Tanda Tangan Elektronik (sesuai dengan UU No.19 Tahun                2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik)

7.     Memiliki No Rek BPD yang  masih aktif  atas nama yang bersangkutan.

8.     Bagi orang tua yang memiliki lebih dari satu anak diperguruan tinggi hanya diperkenankan mengajukan satu              orang anak.

9.     Permohonan beasiswa ditujukan kepada Bupati Jembrana cq Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan          Olah Raga Kabupaten Jembrana, disampaikan ke Bidang Kepemudaan dan Olah Raga (Mudora)                      dengan   melampirkan :

a.     Pas Photo ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar, berwarna dengan berisi nama.

b.     Chek List.

c.     Blanko Biodata Mahasiswa ( blangko dapat  diunduh pada saat upload persyaratan di aplikasi SIBAJA)

d.     Surat permohonan beasiswa yang ditujukan kepada Bupati Jembrana. (blangko dapat diunduh pada saat                  upload persyaratan di aplikasi SIBAJA)

e.     Transkrip Nilai/KDN Indek Prestasi Komulatif sampai dengan semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang          telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

f.     Melampirkan Foto Copy KHS (Kartu Hasil Studi) dari semester awal sampai terakhir (persemester) yang sudah         dilegalisir (stempel basah).

g.     Surat Keterangan tidak pernah mengambil cuti selama perkuliahan, Surat Keterangan tidak pernah melanggar          Tata Tertib Kampus, Surat Keterangan tidak sedang menerima/diusulkan mendapat Beasiswa dari                               Lembaga/Instansi lain dan Surat Keterangan Kuliah Reguler dengan Tanda Tangan dan Stempel Basah.

h.     Surat Keterangan sedang mengikuti perkuliahan dalam tahun pelajaran 2021/2022 dari Dekan/pejabat yang              berwenang.

i.     Photo copy Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk mahasiswa yang telah dilegalisir oleh Dinas berwenang               (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jembrana) pada Tahun yang sama dengan                             permohonan, khusus untuk dokumen kependudukan yang telah mempergunakan tanda tangan                         Elektronik tidak perlu pengesahan.

j.     Melampirkan Foto Copy Rekening BPD yang aktif  

k.     Surat Keterangan belum Nikah dari Desa / Kelurahan setempat.

l.     Foto Copy Sertifikat dan Surat Keputusan Akreditasi Peringkat A  Perguruan Tinggi dari BAN-PT bagi                         perguruan  tinggi swasta.

m.   Surat keterangan tidak sedang menempuh pendidikan tinggi dengan sistem pendidikan jarak jauh dari                       Perguruan Tinggi.

n.     Surat Pernyataan tidak sedang bekerja dan Surat Pernyataan sanggup mengembalikan dana apabila                        melakukan pemalsuan dokumen permohonan Beasiswa. (blangko dapat diunduh pada saat upload                            persyaratan   di aplikasi SIBAJA)

o.     Sehubungan dengan pandemi Covid-19 maka Poin F, G, H dan M diperbolehkan mempergunakan Tanda                  Tangan Elektronik (berdasarkan UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, bukan                 scaner).

10. Surat permohonan dengan meterai 10.000 dibuat rangkap 1 (satu) dan dimasukkan/dilubangi dalam map snalecter transparan warna Kuning untuk Fakultas non teknik dan kedokteran dan Warna Biru untuk Fakultas Kedokteran dan Teknik disusun rapi sesuai persyaratan dilengkapi dengan biodata antara lain: Nama, NIM, Fakultas/Program Study, No Hp/Tlp/WA  (mahasiswa dan orang tua yang masih aktif) dan alamat lengkap di Jembrana.

11. Jumlah calon penerima Beasiswa Mahasiswa akan ditetapkan berdasarkan jumlah kuota yaitu : 800 orang, apabila calon penerima melebihi dari jumlah kuota yang ditetapkan akan diranking berdasarkan jumlah Nilai IPK dari masing-masing mahasiswa. Apabila pada ranking Nilai yang terkecil terjadi kesamaan nilai IPK maka akan diprioritaskan pada semester yang lebih tinggi, dan apabila terjadi kesamaan semester akan direngking berdasarkan Nomor Registrasi Pendaftaran.

 

12. pemohon melakukan pendaftaran ke alamat http://sibaja.jembranakab.go.id.  Dengan petunjuk sebagai berikut:

  a. Pemohon masuk ke beranda SIBAJA.
  b. Pemohon mengklik menu registrasi untuk membuat akun SIBAJA
  c. Pemohon dapat login kedalam aplikasi SIBAJA menggunakan akun yang telah dibuat pada point b.
  d. Pemohon meng update Biodata dengan cara mengisi form yang telah disediakan. 
  e. Pemohon mengisi data Perguruan Tinggi sesuai form yang telah disediakan.


f. Pemohon mengunggah seluruh persyaratan yang telah ditetapkan dalam aplikasi SIBAJA (file dalam bentuk pdf kecuali pas photo)

g. Pemohon dapat mencetak blangko Biodata Mahasiswa, Surat Permohonan Pengajuan Beasiswa, Surat Pernyataan Tidak sedang Bekerja dan  Surat Pernyataan sanggup mengambalikan dana apabila melakukan pemalsuan dokumen pada saat proses upload persyaratan.

h. Setelah seluruh persyaratan di upload, pemohon agar memastikan kembali form yang telah diisi pada Resume Registrasi apakah sudah sesuai dengan dokumen aslinya atau belum.

i. Jika dokumen pada Resume Registrasi telah sesuai, pemohon mencentang persetujuan.

j. Pemohon mencetak Tanda Bukti Pendaftaran.

 

13. Pendaftaran On Line dimulai dari tanggal 6 Oktober 2021 s.d 22 Nopember  2021 Pukul 23.59 wita

 

14. Setelah menyelesaikan pendaftaran beasiswa secara on line, pemohon mengirimkan berkas asli yang telah di upload dan urut sesuai dengan cek list disertai hasil cetak Tanda Bukti Pendaftaran Beasiswa SIBbAJA,pada saat pendaftaran.

 

15. Pengumpulan berkas setiap hari kerja dari jam 09.00-14.00 wita ( Hari Senin – Kamis) dan 09.00 – 13.30 wita (Hari Jum’at) di mulai tanggal 14 Oktober 2021 s.d 23 Nopember 2021 bertempat di Gor Kresna Jvara, Lingkungan Sawe Rangsasa, Kelurahan Dauhwaru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ( memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan)

 

16. Apabila terjadi kesalahan/kekeliruan dalam upload berkas, mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan hanya 1 (satu) kali pada system.

 

17. Ketentuan dan persyaratan lainnya dapat ditanyakan langsung ke Bidang Mudora  pada Dinas Dikpora Kabupaten Jembrana atau bisa menghubungi Ida Bagus Eka Ariana, SE (081936050002), Ni Putu Ayu Marwati (087762141122), Ni Luh Gede Fina Supratiwi (083117919112), Ida Ayu Kade Heksa Kristiyanti (087761803330).


Dokumen Syarat Pendaftaran Beasiswa

a.     Pas Photo ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar, berwarna dengan berisi nama.
b.     Chek List.
c.     Blanko Biodata Mahasiswa ( blangko dapat  diunduh pada saat upload persyaratan di aplikasi SIBAJA)
d.     Surat permohonan beasiswa yang ditujukan kepada Bupati Jembrana. (blangko dapat diunduh pada saat                  upload persyaratan di aplikasi SIBAJA)
e.     Transkrip Nilai/KDN Indek Prestasi Komulatif sampai dengan semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang           telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
f.       Melampirkan Foto Copy KHS (Kartu Hasil Studi) dari semester awal sampai terakhir (persemester) yang                     sudah   dilegalisir (stempel basah).
g.     Surat Keterangan tidak pernah mengambil cuti selama perkuliahan, Surat Keterangan tidak pernah melanggar          Tata Tertib Kampus, Surat Keterangan tidak sedang menerima/diusulkan mendapat Beasiswa dari                               Lembaga/Instansi lain dan Surat Keterangan Kuliah Reguler dengan Tanda Tangan dan Stempel Basah.
h.      Surat Keterangan sedang mengikuti perkuliahan dalam tahun pelajaran 2021/2022 dari Dekan/pejabat yang               berwenang.
i.       Photo copy Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk mahasiswa yang telah dilegalisir oleh Dinas berwenang               (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jembrana) pada Tahun yang sama dengan                            permohonan, khusus untuk dokumen kependudukan yang telah mempergunakan tanda tangan                          Elektronik tidak perlu pengesahan.
j.      Melampirkan Foto Copy Rekening BPD yang aktif  
k.     Surat Keterangan belum Nikah dari Desa / Kelurahan setempat.
l.      Foto Copy Sertifikat dan Surat Keputusan Akreditasi Peringkat A  Perguruan Tinggi dari BAN-PT bagi                          perguruan tinggi swasta.
m.    Surat keterangan tidak sedang menempuh pendidikan tinggi dengan sistem pendidikan jarak jauh dari                        Perguruan Tinggi.
n.     Surat Pernyataan tidak sedang bekerja dan Surat Pernyataan sanggup mengembalikan dana apabila                         melakukan pemalsuan dokumen permohonan Beasiswa. (blangko dapat diunduh pada saat upload                             persyaratan  di aplikasi SIBAJA)
o.     Sehubungan dengan pandemi Covid-19 maka Poin F, G, H dan M diperbolehkan mempergunakan Tanda                   Tangan Elektronik (berdasarkan UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, bukan                 scaner).



CATATAN:

UNTUK MEMUDAHKAN KOMUNIKASI DIMOHON KEPADA MAHASISWA YANG MENGAJUKAN PERMOHONAN BEASISWA UNTUK BERGABUNG PADA GROUP TELEGRAM  BEASISWA JEMBRANA 2021 MELALUI  LINK

https://t.me/joinchat/EYhQMt6spg00ZmY1

TERIMAKASIH